Catatanw

July 20, 2009

Install Zimbra Desktop di Blankon 5 Nanggar

Filed under: Linux,Tips n' Trik — catatanpinguin @ 11:44

Zimbra LogoAkhirnya apdet juga nich blog setelah sekian lama tidak saya jamah, pengen curhat dulu ah…, begini ceritanya😀 hehehe, sebenernya saya tidak terlalu suka dengan yang namanya aplikasi mail client seperti outlook,thunderbird,evolution, dan kroco2nya itu, tapi kenapa kesempatan ini saya membahas zimbra karena tuntutan pekerjaan sajah😀 wekekeke, awalnya ada telp dari seorang kawan sebut sajah Mr.X, “Halo mas sakra lagi sibuk apa, masih kerja nggak nich dikantor Z?” wah ndak saya sudah ndak kerja disituh lagih mank ada apa Mr.X??? “Nggak saya langsung saja, gini mas saya bermaksud menawarkan project ke mas sakra” wah…,project apa nich boleh tuch!! “Ini mas saya pengen bikin remastering distro cuma butuh aplikasi mail client zimbra yang sudah langsung ditambahkan” wah saya siyap2 aja Mr.X ya sudah saya hari selasa ke kantor membicarakan konsep dan lain halnya “wah Alhamdulillah terima kasih mas sakra saya tunggu dikantor jam 10 ya mas, oiya mas salary nya ntar ada kok dari saya” okokok siyap pak bos Mr.X😀 wakakakak {bohong klo yg ini}.

Setelah dapet telp dari Mr.X saya langsung tanya ke paklek saya yang namanya google dan Alhamdulillah paklek saya ngasih url yang mantaps ini klik, langsung praktekin di atas pacar sayah yang sangat saya sayangi dan cintai bernama Nanggar😀 wekekeke, karena cekak benwit akhirnya ngeluarin jurus tuluuuunngg ke temen buat ngunduh file installer Zimbradesktop disini, unduhan beres oi saatnya di install, nich begini cara installnya :

1. buka terminal anda Aplikasi | Aksesoris | Terminal

2. karena file installer Zimbradesktop yang di unduh tadi ber ekstensi .sh maka lakukan perintah berikut untuk mengeksekusinya

$sh {namafile}.sh

3. kemudian ikuti petunjuk instalasinya

4. setelah terinstall silahkan edit account email anda

Selamat Mencoba!!!

ini screenshootnya

yahoozimbrazd1

zdzd1

14 Comments »

  1. kang, remastering tuh artinya apa sih kang???

    Comment by dikdik — July 20, 2009 @ 12:06 | Reply

    • Remastering itu bisa dibilang membackup sistem operasi yang telah kita install sesuai kebutuhan, agar suatu saat jika sistem operasi tersebut rusak atau diperlukan install ulang, kita bisa gunakan hasil remastering tsb sehinggga kita tidak perlu menginstall aplikasi2 yang kita butuhkan dari awal, contoh aplikasi remastering yang sering digunakan adalah Remastersys, Reconstructor, Live-Magic, dkk
      Semoga menjawab!

      Comment by catatanpinguin — July 20, 2009 @ 15:20 | Reply

      • ohh gtu ya kang? pnya tutorialnya g kang? bagi2 donk.. heee

        Comment by dikdik — July 23, 2009 @ 18:10

      • @dikdik : lho bukannya ini sudah cukup toh, wong ya gampang gituh kok nginstallnya cobain aja dulu klo ada errot baru di diskusikan lagih…

        Comment by catatanpinguin — July 24, 2009 @ 07:51

  2. wah….
    kemarin-kemarin saya dah donlot dan install zimbra
    di Ubuntu berhasil..
    tapi permasalahannya, ketika setting Account Gmail [kayaknya berhasil] gt.
    anehnya, malah gak bisa ngedonlot tuh email2….
    Gmn tuh mas..

    Comment by ohdediku — July 20, 2009 @ 14:05 | Reply

    • @Ohdediku : wah masa mas saya belum pernah cobain klo pakek account Gmail, saya cobain pakek account Yahoo lancar2 saja kok mas, tapi boleh juga saya cobain sapa tau saya mengalami hal yang serupa seperti mas, terima kasih mas nanti saya laporkan hasil saya disini.

      Comment by catatanpinguin — July 20, 2009 @ 15:22 | Reply

  3. @Ohdediku : mas barusan saja saya coba zimbradesktop dengan account gmail, tidak ada masalah juga dengan download emailnya cuma memang gagal memang email yang ada di inbox gmail saya terlalu banya dan mungkin karena koneksi internet saya yang lemot, mungkin masalah mas juga hanya di koneksi sajah. Semoga menjawab!

    Comment by catatanpinguin — July 20, 2009 @ 15:59 | Reply

    • Bisa kasih screenshoot atau settingannya?🙂
      **maaf ngrepotin

      Comment by ohdediku — July 20, 2009 @ 16:53 | Reply

      • @ohdediku : klo settingannya sich biasa aja mas, ya saya coba pasang screenshoot settingannya…

        Comment by catatanpinguin — July 20, 2009 @ 18:59

    • itu bisa jadi karena memang koneksi net yang lemot, saya donlot di ribuan email dari milis klas gak masalah tuh🙂

      Comment by olanuxer — July 22, 2009 @ 23:19 | Reply

  4. belum pernah pake kang

    Comment by senoaji — July 21, 2009 @ 03:35 | Reply

    • @Senoaji : lha nggih monggo di jajal mawon mas…,wong nggih gampil cara nginstallipun…:D wekekeke

      Comment by catatanpinguin — July 21, 2009 @ 11:16 | Reply

  5. jangan lupa atur settingan di gmail bahwa forwarding and POP/IMAP di enable kan

    Comment by olanuxer — July 22, 2009 @ 23:22 | Reply

  6. Zimbra Desktop Rules!!!!

    Comment by Wisu — September 9, 2009 @ 14:51 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

