Catatanw

April 3, 2012

Manajemen Pengarsipan Berkas dan Direktori

Filed under: Belajar,Linux,Ngoprek,Open Source,Tips n' Trik — catatanpinguin @ 15:45

Entah judul diatas benar/salah terus terang saya tidak terlalu memikirkannya silakan Anda intepretasikan sendiri setelah membaca tulisan ini.😀

Hari ini saya, sedikit risih melihat isi dari salah satu direktori pada sistem mesin peladen hosting yang penuh dengan hasil backup basis data sistem manajemen hosting WHM, saya punya sedikit waktu untuk merapihkan beberapa berkas tersebut yang saya pisahkan kedalam direktori berdasarkan tahunnya. Sempat terpikirkan bagaimana cara melakukan pemindahan data tahun 2011 ke dalam direktori yang saya buat dengan nama backup_db_2011/, setelah cari sana sini akhirnya ketemu juga bagaimana cara untuk memindahkan berkas-berkas backup tersebut ke dalam direktori yang telah saya buat sebelumnya.

Karena backup berkas basis data dari WHM mempunyai format YYMMDD_<host>_db.sql.gz, saya melakukan pemindahan berkas dengan menggunakan perintah mv yang dikombinasikan dengan filtering filename, saya melakukan perintah berikut:

#mv<spasi>filter*<spasi>dir_tujuan/

atau

#mv<spasi>20111*<spasi>backup_db_2011/

keterangan:

mv : perintah untuk memindahkan berkas/direktori

20111* : filter nama berkas yang mengandung kata 20111

dir_tujuan : direktori untuk menempatkan berkas yang akan dipindahkan

Setelah semua berkas sudah berpindah tempat, saya ingin agar direktori tersebut terkompresi agar tidak memakan sumber daya media penyimpanan, saya melakukan kompresi dengan menggunakan peralatan tar. Berikut perintahnya:

#tar<spasi>-zcvf<spasi>filebaru.tar.gz<spasi>dir_tujuan/

atau

#tar<spasi>-zcvf<spasi>backup_db_2011.tar.gz<spasi>backup_db_2011/

keterangan:

tar : perintah untuk membuat atau mengurai berkas kompresi

-zcvf : silakan anda buka dan baca manual tar (man tar)

Sekian, selamat mencoba dan semoga membantu bagi para administrator sistem newbie seperti saya…:)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

